Contact Form

 

Ini Langkah Menyusun Rencana Bisnis yang Baik



Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan suatu rencana agar bisnis tersebut menjadi matang tidak hanya sebatas hanya mengandalkan feeling dan juga insting dari seseorang untuk menentukan keputusan yang terbaik untuk bisnis tersebut. Rencana bisnis merupakan sebuah ringkasan yang tertulis mengenai rancangan dari pendirian perusahaan atau rincian berupa gambaran dari kegiatan operasi dari sebuah bisnis dan rencana keuangan, peluang, kemampuan pengelolaan serta strategi pemasaran.

Dalam sebuah rencana tertulis harus dituliskan mengenai latar belakang dari pendirian bisnis tersebut, tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang, dan strategi pencapaian agar bisnis tetap berada pada jalur untuk mencapai tujuan tersebut. Alasan ditulisnya atau dibuatnya business plan yaitu:

·         Sebagai panduan dari operasi usaha sehingga akan memudahkan dalam melakukan suatu evaluasi dan dapat menaklukan pengembangan bisnis dan meminimalkan resiko terjadinya kesalahan pada operasional yang berakibat fatal untuk bisnis atau perusahaan.
·         Menarik Investor untuk menanamkan modal ataupun memberi pinjaman pada usaha atau bisnis yang sedang Anda lakukan. Dari business plan yang Anda buat, para calon investor akan mampu melihat bisnis Anda secara keseluruhan sebelum akhirnya memutuskan untuk memberikan pinjaman atau menanamkan modal.

Menyusun rencana yang baik untuk bisnis
Langkah langkah yang benar dalam menyusun rencana bisnis


Untuk menyusun suatu business plan harus dilakukan beberapa tahapan dalam perencanaan. Pertama adalah menulis mengenai deskripsi bisnis. Dalam deskripsi bisnis dicantumkan secara singkat, padat dan jelas mengenai bidang usaha yang dijalankan. Jangan lupa untuk menuliskan mengenai potensi dari produk yang Anda miliki saat ini dan kemungkinan produk yang akan Anda produksi pada masa yang akan datang. Tuliskan juga mengenai informasi dari peluang pasar dan juga perkembangan dari suatu produk agar bisa bertahan dan bersaing serta menyesuaikan dengan keadaan pasar yang ada.

Kedua adalah menuliskan mengenai strategi pemasaran. Dalam penulisannya, harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Analisa yang dilakukan berdasarkan pada kekuatan yang harus digunakan untuk dapat menciptakan target pembeli atau target pasar. Dalam melakukan analisa, Anda harus mampu untuk memahami keseluruhan dari aspek yang berhubungan dengan pasar sehingga target penjualan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Ketiga adalah dengan melakukan analisa pesaing. Hal tersebut disebabkan untuk mempertahankan bisnis Anda dan agar mampu untuk bersaing dengan pesaing bisnis yang lainnya, Anda harus memahami dengan benar mengenai kemampuan, kelemahan dan juga keunggulan dari pesaing Anda. Sehingga Anda akan dapat menentukan strategi yang tepat dan dapat Anda gunakan pada bisnis Anda sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Langkah penyusunan rencana bisnis selanjutnya dengan baik yaitu:

·         Dengan melakukan rencana desain dan pengembangan yang dilakukan untuk menunjukkan mengenai tahapan dari perencanaan produk. Dari grafik atau rancangan desain tersebut Anda akan mampu melakukan produksi atau pelaksanaan desain sesuai dengan alurnya dan dapat membantu dalam merencanakan anggaran biaya untuk produksi sesuai dengan kebutuhan.
·         Rencana operasional dan manajemen untuk membantu dalam menjelaskan usaha kedepannya. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik dari suatu perusahaan misalnya tugas dan juga tanggung jawab dari tim yang terlibat dalam suatu pengembangan bisnis.
·         Pembiayaan yang menjadi salah satu unsur atau faktor penting dalam sebuah business plan. Lewat suatu rencana pembiayaan, Anda akan dapat mengetahui jumlah biaya yang harus Anda keluarkan. Rencana pembiayaan juga akan membantu dalam mengetahui sumber dana berasal dan membantu investor untuk menentukan akan menanam modal atau tidak.

·         Kesimpulan usaha merupakan kesimpulan keseluruhan dari kerangka business plan. 

Total comment

Author

GTeam Web Development

0   komentar

Cancel Reply